Saya Nyantren (Ikut Pesantren)

Standar

Hari ini adalah hari kedua saya mengikuti kegiatan Rusunawa. Rusunawa adalah kegiatan pesantrenisasi yang diadakan oleh kampus dan wajib diikuti oleh semua elemen mahasiswa. Ya, sudah dua hari ini saya telah merasakan atmosfer pondok pesantren yang belum pernah saya rasakan sebelumnya sejak saya diijinkan menghirup nafas oleh orang tua saya. Sangat banyak hal yang kami pelajari dari kegiatan yang menurut saya sangat positif ini.

Selanjutnya saya tidak berniat menceritakan jadwal-jadwal kegiatan saya selama Rusunawa. Karena itu jelas akan menjadi sesuatu yang sangat membosankan. Dan saya sangat tidak ingin membuat anda merasa bosan membaca tulisan ini. Saya hanya ingin menulis beberapa hal yang saya anggap unik dalam dua hari ini.

Dua hari ini saya sholat dengan Imam yang berbeda-beda. Dan uniknya mereka punya style sendiri-sendiri dalam memimpin sholat kami. Dari yang membaca surat Al-Quran dengan dilagukan sampai yang pembawaannya sering saya temui di desa-desa di kampong halaman. Saya sangat merespon keberagaman atau perbedaan ini. Padahal Imam-Imam itu adalah para pembimbing kami yang sudah pasti harus saling bekerja sama. Betapa mereka sangat menghormati perbedaan, kawan-kawan.

Disiplin materi yang diberikan kepada peserta juga sangat menantang. Hafalan surat-surat pendek harus benar-benar betul cara baca dan panjang-pendeknya bacaan. Itu sangat membuat saya kesusahan, saya sedang jujur saat ini. Bahkan untuk surat sekelas An-Nass saya harus mengulangnya hingga 5kali untuk bisa dikatakan benar oleh pembimbing saya.

Untuk kamar asramanya, kalau diibaratkan hotel, saya sedang tidur di hotel bintang dua. Tidak begitu bagus memang, tapi saya marah kalau ini dikatakan jelek. Kamar ini lebih dari cukup untuk ukuran acara pondok pesantren.

Sejauh dua hari ini, hanya itu yang bisa saya tulis. Semoga besok saya bisa hafal surat pendek lengkap dengan panjang-pendeknya. Amin.

Insya Allah saya ingin menulis hal-hal menarik di sini berikutnya.

Assalamuallaikum…….

 

2 thoughts on “Saya Nyantren (Ikut Pesantren)

Tinggalkan Balasan

